ramuju
ramuju sr
ramuju delami
ramuju suprima

Menu Diet

Share :

Menu Diet

Table of Contents

Membuat meal plan atau perencanaan Menu Diet merupakan hal yang mutlak untuk dijalankan sepanjang merintis program diet. Pasalnya, meal plan sanggup menolong seseorang untuk mengerti kuantitas kalori yang masuk ke didalam tubuh agar sanggup mengoptimalkan diet defisit kalori untuk turunkan berat badan. Lantas, bagaimana langkah berencana menu diet yang tepat?

Untuk menolong berencana menu diet sehat dan bergizi, Anda sanggup perhatikan himbauan meal plan untuk seminggu berikut ini.

Rekomendasi Menu Diet Seminggu untuk Menurunkan Berat Badan
 

Jika idamkan memperoleh berat badan ideal, mutlak bagi setiap individu untuk sesuaikan diet atau pola makan sehari-hari. Karena itu, sepanjang merintis program diet, direkomendasikan untuk berencana makan setiap hari sebaik kemungkinan agar keperluan asupan gizi selamanya terpenuhi. Lantas, apa yang kudu diperhatikan didalam berencana menu diet untuk turunkan berat badan?

Pada dasarnya, perencanaan menu diet untuk turunkan berat badan tidak cuma kurangi porsi makanan saja, tapi termasuk kudu sesuai bersama keperluan nutrisi tubuh masing-masing individu.

Karena itu, berikut adalah himbauan menu diet seminggu untuk turunkan berat badan yang sanggup diterapkan.

Senin

Pada hari pertama, sebaiknya pilihlah menu makanan untuk diet yang sanggup menolong mencukupi keperluan nutrisi serta memberi tambahan pengaruh kenyang lebih lama. Berikut rekomendasinya.

  • Sarapan: 2 porsi telur rebus, oatmeal, dan buah alpukat.
  • Camilan (pukul 10–11 siang): 3 buah biskuit gandum bersama tambahan selai kacang. 
  • Makan siang: 1 porsi salad sayur, daging dada ayam panggang, dan 2 buah ubi rebus.
  • Menu malam: jagung rebus, 1 porsi brokoli rebus, juga 1 gelas smoothie buah.

Selasa

Pada hari kedua, direkomendasikan untuk mengombinasikan menu makanan yang punya kandungan gizi lengkap, layaknya karbohidrat kompleks, protein, vitamin, serta mineral. Namun, pastikan untuk menyajikan menu makan berikut bersama porsi secukupnya.

berikut menu diet sehat dan bergizi untuk hari kedua.

  • Pagi: buah sawo potong, 2 buah tomat segar, 2 buah ubi jalar rebus, juga 1 porsi telur dadar.
  • Menu pendamping (jam 10–11 siang): 1 gelas susu almond juga 1 buah pisang.
  • Makan siang: 1 porsi daging dada ayam panggang, kentang rebus, dan sayur bayam bening.
  • Makan malam: 1 mangkok smoothies mangga dan pisang.

Rabu

Setelah memasuki hari ketiga, coba untuk sebabkan beberapa olahan makanan sehat berikut ini.

  • Menu pagi: brokoli rebus, 1 gelas susu rendah lemak, juga ubi jalar rebus.
  • Camilan (pukul 10–11 siang): 1 mangkok yoghurt dan kacang almond.
  • Menu siang: sayur bayam bening, 1 porsi mashed potato, juga daging ayam panggang.
  • Menu malam: pakcoy rebus juga 1 porsi daging ikan panggang.

Kamis

Setelah beberapa hari merintis diet, tak jarang dari individu yang jadi bosan bersama menu makanan hariannya. Sebagai upaya mengantisipasi hal tersebut, coba untuk memilih bahan makanan sehat yang lebih beragam.

Misalnya, Anda sanggup memanfaatkan nasi hitam atau nasi merah untuk dijadikan sebagai sumber karbohidrat pada menu diet hari keempat. Adapun himbauan menu makanan untuk diet sehat hari keempat adalah:

  • Sarapan: 1 porsi oatmeal dan salad sayur.
  • Camilan (pukul 10–11 siang): 3 buah biskuit gandum bersama tambahan selai kacang. 
  • Makan siang: 1 porsi sup ayam, nasi hitam/nasi merah, dan brokoli rebus.
  • Makan malam: 1 porsi greek yoghurt dan buah pepaya potong.

Jumat

Selanjutnya, himbauan menu makanan sehat untuk diet pada hari kelima adalah sebagai berikut.

  • Sarapan: 1 porsi roti gandum bersama isian selai kacang dan 1 gelas susu rendah lemak. 
  • Camilan (pukul 10–11 siang): 1 gelas susu almond dan 1 buah alpukat.
  • Makan siang: 1 porsi mashed potato, daging dada ayam panggang, dan salad sayur.
  • Makan malam: 1 porsi steak tempe dan buah potong segar.

Sabtu

Jika punyai waktu senggang pada akhir pekan, coba untuk sebabkan olahan makanan yang lebih bervariasi. Berikut adalah beberapa himbauan menu untuk diet pada akhir pekan.

  • Sarapan: 1 porsi sandwich roti gandum bersama isian selada, keju, tomat, dan telur rebus, 1 buah apel segar, dan 1 gelas susu.
  • Camilan (pukul 10–11 siang): 1 mangkok yoghurt bersama topping buah segar.
  • Makan siang: 1 porsi kari kentang, daging dada ayam tumis, dan brokoli rebus.
  • Makan malam: 1 buah ubi jalar rebus dan 1 gelas buttermilk.

Minggu

Adapun himbauan menu diet sehat untuk hari ketujuh yang sanggup diterapkan adalah sebagai berikut.

  • Sarapan: 2 porsi telur rebus, roti gandum, dan 1 buah alpukat.
  • Camilan (pukul 10–11 siang): 1 gelas smoothie pisang.
  • Makan siang: ½ porsi nasi merah, daging ikan panggang, dan brokoli rebus.
  • Makan malam: 1 porsi daging dada ayam panggang, 1 buah tomat segar, dan wortel rebus.

Itu dia himbauan menu diet seminggu yang sanggup digunakan untuk menolong turunkan berat badan. Selain itu, jangan lupa untuk menjaga pola hidup sehat lainnya, layaknya rutin berolahraga, istirahat yang cukup, serta mengelola stres bersama baik agar program diet sanggup memberi tambahan hasil yang optimal.