ramuju
ramuju sr
ramuju delami
ramuju suprima

Cara Meredakan Nyeri Haid

Share :

Cara Meredakan Nyeri Haid

Table of Contents

Cara Meredakan Nyeri Haid biasanya terjadi akibat sel telur yang tidak dibuahi bersama massa haid normal sepanjang 23-35 hari. Umumnya, terhadap awal siklus menstruasi terjadi rasa nyeri tiba-tiba layaknya kontraksi terhadap punggung dan perut bagian bawah. bisa disebabkan oleh kurangnya kerja hormon estrogen dan juga progesteron.

Rasa sakit kram terhadap perut sepanjang haid terbujuk oleh umumnya dikenal sebagai PMS (Pre-menstrual syndrome). PMS terjadi mendekati selagi menstruasi bersama lebih dari satu gejala, layaknya perut kembung dan emosi yang bergejolak.

Nyeri haid bukan hanya soal kram perut dan pegal terhadap punggung saja. Beberapa wanita mengalami nyeri menstruasi yang beragam rasa sakitnya. Kemudian, tersedia terhitung lebih dari satu perempuan yang terhitung merasakan mual dan muntah, pusing, dan nyeri yang menjalar ke semua tubuh sampai sulit untuk beraktivitas.

Untuk itu, Mitra Keluarga membagikan cara menangani dan meredakan nyeri haid yang dapat Anda laksanakan sesuai wejangan medis.

Cara Meredakan Nyeri Haid

1. Kompres perut yang kram

Tujuan kompres perut bersama air hangat ini untuk mengendurkan dinding otot perut dan tingkatkan aliran darah. Studi menemukan bahwa kompres pas terhadap perut yang kram bersama keseluruhan 4 jam sehari akan meredakan rasa nyeri dan kurangi rasa sakit terhadap wanita yang tengah menstruasi.

Untuk meredakan kram, kompres yang dapat digunakan bermacam-macam, baik itu pakai kantung memuat air panas, heat patch tempel yang praktis, atau bantalan hangat elektronik.

2. Olahraga gampang sepanjang 30 menit

Olahraga selalu direkomendasi di hari pertama atau ke-2 menstruasi agar aliran darah selalu lancar dan terhindar berasal dari kram perut ekstrim. Dokter merekomendasikan olahraga intensitas gampang sepanjang 30 menit sehari. Anda dapat terjadi santai, kardio ringan, yoga, bahkan berenang!

Olahraga dapat melewatkan hormon endorfin yang meluruhkan rasa sakit dan nyeri terhadap tubuh. Selepas Anda bergerak, tentu saja tubuh menjadi lebih segar.

3. Hindari stres berlebihan

Sangat lumrah seandainya wanita sering membayangkan segala perihal bersama berlebihan. Namun, selalu hati-hati dikarenakan asumsi yang berlebihan dapat sebabkan stres.

Bagi wanita yang tengah haid, stres berdampak terhadap nyeri dan kram perut dikarenakan dorongan hormon kortisol di uterus. Untuk itu, yuk cobalah bikin asumsi Anda menjadi lebih rileks bersama perbanyak istirahat, meditasi, atau latihan mengelola pernapasan.

4. Hindari makanan tinggi lemak

Saat menstruasi, Anda rasanya mendambakan tetap makanan lezat tanpa membayangkan nutrisi di dalamnya. Padahal, makanan manis, makanan cepat, dan makanan tinggi lemak sebabkan perut Anda kembung (Bloating) serta merubah kerja hormon. jadinya, kram perut bisa terasa menyiksa.

Hindari makanan tinggi lemak layaknya susu, yogurt, junk food, gorengan, dan makanan tinggi gula layaknya roti dan cookies.

5. Konsumsi makanan tinggi serat

Nyeri haid dapat Sahabat MIKA atasi bersama konsumsi makanan tinggi serat dan vitamin. Kandungan yang sebaiknya Anda penuhi sepanjang jaman menstruasi adalah vitamin E, vitamin B1 dan B6, magnesium, zink, dan lemak baik omega-3 untuk menghambat kerja hormon di dalam mengelola nyeri haid.

Berbagai nutrisi baik tersebut bersama gampang Anda dapatkan terhadap sayuran hijau, kacang-kacangan, buah-buahan, ikan salmon dan tuna.

6. Hindari kopi, alkohol, dan rokok

Mengkonsumsi kafein terhadap kopi, alkohol, dan rokok sebabkan penyempitan pembuluh darah selagi Anda tengah haid. Lebih lanjutnya lagi, otot perut turut menegang dan meninggalkan rasa sakit dan kram.

7. Konsumsi jamu dan suplemen

Jamu adalah racikan herbal alami yang bermanfaat untuk meredakan nyeri haid. Salah satunya jahe yang diseduh bersama air hangat. Selain itu, Sahabat MIKA dapat menyeduh kunyit untuk memperlancar mampir bulan. Khasiatnya sama bersama ibuprofen yang umumnya sebagai zat pereda nyeri.

Wajib bagi wanita yang tengah mengalami menstruasi untuk konsumsi suplemen penambah darah agar dapat memenuhi persentase zinc di dalam tubuh sebanyak 8 mg per hari.

8. Perbanyak konsumsi air putih

Penyebab lain Sahabat MIKA mengalami kram perut yang tak kunjung reda selagi mampir bulan adalah kurang konsumsi air putih. Maka berasal dari itu, jangan sampai terlewat untuk minum air putih 8-10 gelas untuk kurangi rasa sakit dan nyeri terhadap uterus.

Di samping itu, air putih dapat melancarkan pencernaan Anda. Mulai konsumsi air mineral hangat terhadap pagi hari sehabis bangun tidur, di dalam keadaan belum konsumsi makanan apapun.

9. Relaksasi tubuh bersama pijat

Pada jaman premenstrual syndrome (PMS), sebaiknya Sahabat MIKA mendapatkan pijat atau massage yang nyaman di area sekitar abdominal sepanjang minimal 5 menit. Hal ini dibuktikan oleh tidak benar satu warga Korea Selatan yang menemukan tehnik pijat ini untuk kurangi tekanan dan rasa nyeri selagi siklus haid terjadi.

10. Manfaatkan terapi akupuntur atau bekam

Baik akupuntur maupun bekam, ke-2 terapi ini bermanfaat sekali untuk meredakan nyeri menstruasi. Kedua terapi ini dapat dijalankan sebelum jaman menstruasi untuk merilis hormon-hormon layaknya endorfin, serotonin, dan dopamin. Adanya jarum atau kop yang dipasang di titik-titik tertentu, sebabkan Anda menjadi lebih rileks kedepannya.

11. Konsumsi obat pereda nyeri

Nyeri haid makin hebat dan mengganggu kesibukan Sahabat MIKA? Nah, konsumsi obat pereda nyeri untuk meredakan haid diperbolehkan. Namun, selalu menyimak batas konsumsi obat dan pengaruh sampingnya, ya!

Alangkah baiknya bagi Sahabat MIKA untuk konsultasi terlebih dahulu bersama dokter jikalau butuh obat pereda nyeri ini.

12. Istirahat cukup

Penurunan kerja hormon progesteron secara mencolok terhadap jaman menstruasi sebabkan Anda terasa lemas dan tidak nyaman untuk laksanakan apapun. Pengaruhnya terhitung berdampak terhadap mutu tidur. Maka berasal dari itu, perlu sekali untuk istirahat bersama tidur cukup.

Perhatikan terhitung posisi tidur yang dapat meredakan nyeri kram perut agar Anda terasa nyaman. Posisi fetal, yakni tidur menyamping bersama kaki menekuk layaknya janin di dalam perut ibu, dapat Sahabat MIKA cobalah untuk menekan rasa sakit dan sebabkan aliran darah menjadi lebih lancar.

13. Perhatikan penggunaan kontrasepsi hormonal

Kontrasepsi hormonal digunakan untuk menghindar kehamilan yang ditanamkan ke di dalam endometrium rahim. Bentuknya benar-benar beragam, seandainya spiral atau IUD. Lebih lanjut, manfaat pemasangan kontrasepsi ini dapat kurangi rasa nyeri haid layaknya kram perut, menurunkan reaksi berasal dari senyawa prostaglandin, sampai sebabkan menstruasi Anda terasa lebih nyaman.

Namun, harus diperhatikan terhitung penggunaan kontrasepsi hormonal harus sesuai bersama keadaan dan indikasi sepanjang haid. Oleh dikarenakan itu, konsultasikan bersama dokter persentase terlebih dulu, ya!

14. Konsultasi ke dokter kebidanan dan persentase

Jika nyeri sepanjang haid tak kunjung reda bersama gejala lain layaknya nyeri panggul, nyeri terhadap area dubur, pusing, darah menstruasi yang lumayan deras sepanjang menstruasi agar sering mengganggu kesibukan Anda, segera periksakan lebih lanjut ke dokter kebidanan dan persentase untuk memahami beraneka gejala problem kesehatan, sepert:

  • Endometriosis, yakni tumbuhnya jaringan di lapisan luar rahim.
  • Adenomyosis atau myoma uteri yakni tumbuhnya jaringan di lapisan di di dalam atau luar rahim, agar terjadi penebalan terhadap dinding rahim.
  • Fibroid, yakni tumbuhnya daging atau benjolan di dinding rahim.
  • Pelvic floor disorder atau problem panggul, bersama keadaan lemah otot panggul yang tidak benar satu penyebabnya berasal berasal dari cedera.

3 Comments

  1. Hi every one, here every person is sharing such knowledge,
    so it’s good to read this webpage, and I used to visit this
    blog daily.

Komentar telah ditutup.