ramuju
ramuju sr
ramuju delami
ramuju suprima

Berhubungan Saat Haid

Share :

Berhubungan Saat Haid

Table of Contents

Berhubungan Saat Haid masih jadi kontroversi. Di satu sisi, ada sebagian risiko kesehatan yang sanggup terjadi. Namun, di segi lain, terkait intim saat menstruasi dianggap sanggup memberi tambahan beragam manfaat.

Sebagian wanita bisa saja masih jadi takut dan curiga untuk terkait seks saat menstruasi. Ada yang mempunyai keyakinan bahwa perihal selanjutnya tabu untuk dilakukan, namun ada pula yang tidak mempermasalahkannya.

Jika diamati dari kacamata medis, terkait seks saat menstruasi boleh saja dikerjakan meski ada risiko yang sanggup terjadi, lebih-lebih seandainya tidak dikerjakan bersama dengan benar. Oleh sebab itu, penting untuk sadar apa manfaat dan risiko terkait seks saat menstruasi sebelum akan Anda dan pasangan mencobanya.

Manfaat Berhubungan Saat Haid

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, terkait seks saat menstruasi sanggup memberi tambahan banyak variasi manfaat. Berikut ini adalah sebagian manfaatnya:

1. Meredakan kram selama menstruasi

Wanita biasanya mengalami keluhan saat Haid, merasa kram atau nyeri perut, nyeri payudara, serta sakit kepala. Seks saat menstruasi dipercaya sanggup meringankan beragam keluhan tersebut.

Saat terkait seks, tubuh akan melewatkan hormon endorfin, lebih-lebih saat meraih orgasme. Hormon endorfin merupakan hormon yang sanggup mengakibatkan timbulnya perasaan bahagia dan mengurangi rasa nyeri.

2. Mengurangi stress

Selain banyak variasi keluhan fisik, tidak sedikit wanita yang terhitung merasakan perubahan suasanan hati saat menstruasi, seperti gampang emosi, sedih, apalagi stres dan depresi. Dengan jalankan pertalian seks saat menstruasi, gejala fisik maupun psikis yang nampak selama menstruasi sanggup berkurang.

3. Mempersingkat era haid

Seks terhitung sanggup mengakibatkan haid lebih cepat selesai. Ini sebab seks saat menstruasi sanggup merangsang pelepasan jaringan dinding rahim dan kontraksi otot dinding rahim, sehingga darah haid dan sel telur yang tidak dibuahi lebih cepat keluar.

4. Memberikan kepuasan lebih

Berhubungan seks saat menstruasi terhitung diketahui sanggup memberi kepuasan lebih. Alasannya, perubahan hormon yang berjalan saat menstruasi sanggup mengakibatkan wanita jadi lebih bergairah.

Risiko Berhubungan Saat Haid

Meski seks saat menstruasi mempunyai banyak variasi manfaat, perihal ini tidak terlepas dari sebagian risiko yang sanggup terjadi, yaitu:

Infeksi menular seksual

Salah satu risiko terkait seks saat menstruasi adalah penularan penyakit menular seksual, lebih-lebih jika pertalian seks dikerjakan tanpa kondom.

Ketika terkait intim saat menstruasi, penis akan bersentuhan segera bersama dengan darah haid yang keluar. Hal ini sanggup mengakibatkan kuman dan virus yang terkandung terhadap darah selanjutnya sanggup menular ke pasangan.

Oleh sebab itu, Anda dianjurkan untuk tidak terkait seks saat haid, lebih-lebih seandainya mempunyai penyakit spesifik yang sanggup menular lewat darah atau air mani, seandainya HIV, gonore, sifilis, atau hepatitis B.

Infeksi jamur vagina

Vagina mempunyai kandungan keasaman atau pH normal berkisar antara 3,8–4,5. Namun, selama menstruasi, kandungan pH selanjutnya akan meningkat dan perihal ini sanggup mengakibatkan perkembangan jamur di area vagina dan mengakibatkan infeksi jamur vagina.

Kehamilan

Sebagian besar orang beranggapan bahwa seks saat menstruasi tidak mengakibatkan kehamilan, padahal perihal ini tidak seluruhnya benar. Berhubungan seks saat menstruasi ternyata terhitung mempunyai kesempatan untuk menciptakan kehamilan, lebih-lebih jika Anda mempunyai siklus menstruasi yang pendek.

Misalnya, Anda mempunyai siklus menstruasi 22 hari dan mengalami ovulasi segera sesudah menstruasi. Nah, ada bisa saja Anda akan melewatkan sel telur saat sperma masih berada di saluran reproduksi dan sesudah itu terjadilah kehamilan.

Tips Berhubungan Saat Haid

Bagi Anda dan pasangan yang menghendaki mencoba terkait seks saat menstruasi, ada sebagian perihal yang kudu diperhatikan, yaitu:

  • Pastikan Anda dan pasangan tidak jadi risih atau tidak cukup nyaman sehingga pertalian seks tidak terganggu.
  • Hindari jalankan pertalian seks saat darah haid tengah mengalir bersama dengan deras, seperti hari pertama atau ke dua menstruasi.
  • Gunakan alas seperti handuk bersih berbahan lembut yang sanggup menyerap air di atas area tidur untuk menjauhi noda darah di permukaan ranjang.
  • Cobalah sebagian posisi seks, seandainya posisi misionaris yang sanggup menghalangi keluarnya darah.

Bila curiga melakukannya di ranjang, bercinta saat menstruasi di bawah shower kamar mandi terhitung sanggup jadi pilihan. Anda tidak kudu risau darah haid akan tercecer sebab akan segera tersapu air. Anda dan pasangan pun sanggup saling membersihkan tubuh dan membangkitkan gairah seks.

Selain itu, penggunaan kondom wanita terhitung sanggup jadi pilihan untuk mengurangi kuantitas darah yang nampak saat terkait intim. Namun, jika Anda jadi tidak nyaman terkait seks saat menstruasi, komunikasikan perihal selanjutnya bersama dengan pasangan.

Jika Anda atau pasangan mengalami keluhan saat atau sesudah terkait seks saat menstruasi, konsultasikanlah ke dokter sehingga sanggup dikerjakan pengecekan dan diberikan penanganan seandainya diperlukan.